Summon Agus

Profile

Negara-negara dengan Usia Terpendek

  • Author: Unknown
  • Date: Sunday, February 8, 2015,8:11 PM
  • Label: »
  • Comment: 0 Comments
  • Date: 8:11 PM
    Facebook Gug, UMS, Solo, Solo, Indonesia, ID
    Negara-negara dengan Usia Terpendek
    Negara-negara ini tak memiliki pasukan militer untuk menjaga keamanan. Apa saja? ( Source Image: citizen6.liputan6.com )

    Citizen6, Jakarta Perang senantiasa dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk membebaskan diri mereka dari penjajahan. Indonesia misalnya, memanfaatkan kekosongan pemerintahan saat Jepang jatuh ke tangan Amerika. Tak membuang waktu, kemerdekaan pun segera diproklamasikan.

    Ternyata, beberapa negara di dunia juga pernah mengalami hal yang sama. Sayangnya, nasib negara yang mereka proklamasikan kemerdekaannya hanya berusia pendek. Apa saja negara-negara tersebut?

    1. Carpatho, Ukraina
    Carpatho adalah daerah otonomi di Cekoslovakia sejak akhir 1938 sampai 1939. Menyusul pendudukan Jerman di Sudetenland di Cekoslovakia, negara Cekoslovakia pun runtuh. Cekoslovakia mendeklarasikan kemerdekaannya. Carpatho tak mau kalah. Mereka mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 15 Maret 1939.

    Namun, deklarasi tersebut ternyata mengundang kemarahan Hungaria. Negara yang bertetangga dengan Carpatho. Pada tanggal itu juga, pasukan Hungaria menyerbu Carpatho dan berhasil menduduki ibukotanya. Keesokan harinya, negara ini berhasil dibubarkan. Carpatho hanya merdeka selama kurang dari 24 jam. Kini Carpatho merupakan bagian dari Ukraina.

    2. Republik Connaught
    Republik Connaught adalah negara pecahan Irlandia yang didirikan untuk menjadi negara satelit Prancis menyusul pemberontakan Irlandia pada tahun 1798 yang menentang kekuasaan Inggris. Proklamasi kemerdekaan dibacakan oleh seorang jendral Prancis pada tanggal 13 Agustus 1798.

    Pada tanggal 8 September 1798, pasukan Connaught dikalahkan pasukan Inggris. Negara ini pun runtuh dan kini menjadi bagian dari Irlandia. Usia kemerdekaan Republik Connaught hanya 13 hari.

    3. Republik Labin
    Didirikan oleh para penambang kota Labin, Provinsi Istria, Italia, pada tahun 1921. Waktu itu para penambang menolak rezim fasis yang menguasai Italia. Para penambang menduduki kota Labin, mendirikan pemerintahan sendiri yang sempat berjalan selama 38 hari sebelum akhirnya dihancurkan oleh pasukan Italia.

    Kini Republik Labin menjadi bagian dari Kroasia. Umur negara ini hanya 38 hari dengan masa pemerintahan sejak 2 Maret 1921 sampai dengan 8 Maret 1921.

    4. Republik Bavarian
    Negara ini didirikan sebagai bagian dari revolusi Jerman. Memanfaatkan kekacauan politik di Jerman setelah Perang Dunia I, kaum komunis di selatan Jerman mendeklarasikan Bavaria sebagai negara bebas. Negara ini pada akhirnya sulit untuk menstabilkan wilayahnya sendiri.

    Tanggal 6 Mei 1919, tentara pemerintahan Jerman menaklukkan Bavaria dan ratusan kaum komunis dihukum. Negara ini pun runtuh. Kini Republik Bavarian menjadi bagian dari negara Jerman. Usia Republik Bavarian hanya 28 hari dengan masa pemerintahan dari 6 April 1919 sampai 3 Mei 1919.

    Sumber: citizen6.liputan6.com

    No comments

    You may also Like ?

    Terbaru

    Bersponsor

    ads
    Back to top